Kandang dan Rak Rangrang Kroto

by Unknown , at 11.35 , has 1 comment
1.  Menyiapkan Kandang
Dalam perternakan kroto modern, kondisi kandang untuk kroto ( semut rangrang ) bukan seperti kandang untuk memelihara hewan-hewan peliharaan lainnya, tapi kandang disini adalah tempat untuk menyimpan rak-rak yang dipakai untuk menyimpan rak-rak yang nantinya dipakai sebagai tempat penyipanan media sarang untuk semut rangrang. Dalam berternak semut rangrang, kandang haruslah dalam kondisi tertutup, tujuannya adalah agar terlindung dari sinar matahari langsung. Karena semut rangrang sangat rentan bila terkena panas matahari berlebih dan terkena hujan. Kandang tertutup juga berfungsi agar semut tidak terganggu dari keramaian dan suara bising, hal ini dikarenakan semut rangrang menyukai lingkungan yang sunyi dan sepi. kandang tertutup juga penting bagi peningkatan produksi kroto, karena menurut hasil penelitian, di alam liar semut rangrang tidak berproduksi pada saat musim hujan. Apabila biaya untuk pembuatan kandang tidak ada, maka dapat menggunakan ruang kosong dalam rumah, yang penting ruang tersebut bersih dan aman dari gangguan hama tikus, semut hitam, dan tokek. terutama aman dari gangguan balita. Yang harus diperhatikan pada kondisi kandang adalah kondisi pencahayaan dan sirkulasi udara, kondisi pencahayaan dalam kandang jangan terlalu terang malah lebih cenderung gelap, sirkulasi udara dalam kandang jangan terlalu panas atau terlalu dingin.

Bangunan / Ruang Kosong untuk Kandang

2.  Membuat dan Menyiapkan Rak
Kerangka yang digunakan untuk menyimpan media sarang semut rangrang bisa dibuat dengan menggunakan bahan kayu kaso atau besi siku. Cara membuat rak untuk menyimpan media sarang adalah seperti berikut :

  1. Tinggi rak 1,5 meter, panjang rak 1,5 meter, lebar rak 50 cm, tinggi antar tahap rak 40 cm.
  2. Lantai pada tiap-tiap tahap rak bisa menggunakan papan atau tip bloks, yang penting dapat menahan beban media sarang agar tidak rubuh.
  3. Tinggi kaki rak dari lantai 40 cm, hal ini dimaksudkan agar semut tidak kabur. Sebab semut dapat kabur dengan membuat rantai sesama semut.
  4. Kaki rak harus diberi alas baskom atau baki yang diisi air atau oli. Hal ini juga berfungsi agar semut tidak kabur.
  5. Rak diberi jarak 40 cm dengan dinding kandang (tidak boleh menempel). Hal ini juga berfungsi agar semut tidak kabur.
  6. Sebelum digunakan (diberikan tumpukan media sarang), rak harus dibersihkan dari semua hal-hal yang dapat mengganggu pertumbuhan semut.
Rak Kroto dari kayu

 Rak Kroto dari besi

3.  Menyiapkan Media Sarang
Dalam peternakan semut rangrang modern, media sarang yang efektif bagi pertumbuhan dan produksi kroto semut rangrang haruslah media yang sesuai dengan sifat atau karakteristik semut rangrang.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menentukan media sarang bagi koloni semut rangrang, hal itu adalah :
  1. Media sarang harus kuat menahan beban ketika semut rangrang bereproduksi atau mulai bertelur (menghasilkan kroto), dengan kata lain bahwa media yang akan digunakan tidak rusak atau berubah pada saat semut bertelur.
  2. Media harus memiliki sirkulasi udara yang baik atau tidak tertutup seluruhnya. Dimaksudkan agar ketika membentuk sarang, semut merasa nyaman dengan kondisi sarang agar pada saat beraktivitas, semut tidak merasa kesulitan.
  3. Diusahakan untuk media sarang harus berbentuk bulat dan memiliki ukuran yang sama, dengan maksud agar semut tidak membuat sarang diluar media.
  4. Media tidak memunginkan tumbuhnya jamur, dan mudah dibersihkan. Hal ini dimaksudkan karena semut rangrang sangat menyukai sarang yang bersih dan terhindar dari jamur serta parasit lainnya.
  5. Media dapat menyerap suhu antara 23 - 27 derajat celcius dan pencahayaan 0,01 -0,06 lm/m2. Artinya bahwa semut rangrang sangat menyukai media sarang yang sejuk dan remang-remang bahkan cenderung gelap.
Demikian Artikel ini dibuat semoga bermanfaat. Nantikan artikel selanjutnya tentang cara berternak semut rangrang penghasil kroto, semoga bermanfaat dan sukses selalu. . . 

Sumber Referensi :
"Menjawab Teka-teki Berternak & Bisnis Kroto"
Pengarang  : Bayou Prayoga
Penerbit     :  Penebar Swadaya
Alamat       :  Perum Bukit Permai, Jl. Kerinci Blok A2 No. 23-24, Cibubur Jakarta Timur 13720
Telp            :  (021) 29617008/ (021) 29617009/ (021) 29617010
Fax             :  (021) 8721570
Email         :  ps@penebar-swadaya.net

Kandang dan Rak Rangrang Kroto
About
Kandang dan Rak Rangrang Kroto - written by Unknown , published at 11.35 . And has 1 comment
1  comment Add a comment
Harga bibit berapa / toples nya. ...????
Reply Delete
Bck
Cancel Reply
Copyright ©2013 Berternak Rangrang Kroto by
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger