Mengenal Karakteristik Rangrang Kroto Lebih Dekat 1

by Unknown , at 11.32 , has 0 komentar
Pola kehidupan serangga semut Rangrang memang mengesankan. Serangga sosial ini membuat sarang dan membentuk koloni yang terdiri atas ratu yang sangat besar, anak-anak, dan para pekerja merangkap prajurit. Semua jenis kelamin semut rangran adalah betina, kecuali beberapa semut jantan yang berperan sangat kecil dalam kehidupan perkembangbiakan koloni. Namun dalam proses budidaya, keberadaan semut jantan pada koloni semut rangrang akan sangat menggangu proses perkembangan koloni. Hal itu karena semut jantan memiliki sifat kanibalisme yang sangat tinggi. Terutama pada larva-larva yang dihasilkan oleh semut ratu. Sebelum kita memulai pola perkembangbiakan semut rangrang, alangkah baiknya apabila kita mengenal dulu secara lebih jauh karakteristik pada semut rangrang ini. 

 semut Pekerja
1. Kelompok Semut Pekerja 
Diantara anggota koloni semut rangrang, yang sangat berperan penting bagi kelangsungan perkembangbiakan semut rangrang adalah semut pekerja. Semua anggotanya giat bekerja dan rajin mencari makanan, dan membangun sarang, serta gigih dalam menjaga dan melindungi wilayahnya dari paran pemangsa. Setiap satu menit, salah satu semut pekerja akan memuntahkan cairan kedalam mulut semut ratu. Mereka menyuapi semut ratu dengan makanan yang telah dilunakan sehingga memungkinkan semut ratu dapat menghasilkan ratusan telur per harinya. Jika semut ratu dan semut betina lainnya telah bertelur, para semut pekerja ini akan memindahkan telur-telur tersebut ketempat yang lebih aman, merawat, membersihkannya, dan member makan larva-larva semut yang telah menetas. Mahluk asing yang berusaha menggangu telur dan larva akan mendapat serangan dari semut pekerja dengan menggigit dan menyemburkan asam format yang keluar dari kelenjar racun mereka. Semut rangrang terkadang sengaja membiarkan, atau memelihara kutu daun atau sumber makanan lain seperti jangkrik dan ulat dalam wilayah kekuasaan mereka sebagai sumber makanan. 

Pupa dan Ratu semut rangrang

2.      Memproduksi Kelenjar Dubur Sebagai Penanda
Semut rangrang (Oecophylla smaragdina) memiliki semacam kelenjar yang menghasilkan cairan khusus yang digunakan untuk menandai wilayah mereka. Kelenjar itu dinamakan kelenjar dubur, cairan khusus yang dihasilkan semut rangrangdisebut pheromone disapukan semut ke jalan yang dilaluinya dan hanya para anggota koloni saja yang dapat mengenali baunya. Jadi semut penganyam (weaver ant) ini menggunakan pesan kimiawi untuk menuntun koloni mereka menuju sarang.

mengangkut makanan
Jejak bau yang ditinggalkan semut rangrang juga ditinggalkan ketika semut mencari makan. Jika seekor semut rangrang menemukan sumber makanan, maka semut tersebut akan mengarahkan koloninya untuk mengangkut makanan tersebut menuju sarangnya dengan mengikuti jejak bau yang ditinggalkan oleh semut yang menemukan sumber makanan.

3.      Hidup Berkoloni
Semut rangrang merupakan serangga social yang hidup berkoloni, anggota dalam sebuah koloni semut dapat mencapai 500.000 ekor. Dalam sebuah koloni Oecophylla terdiri atas beberapa kasta, ada kasta produktif dan ada kasta non produktif. Ratu dan betina (pekerja) merupakan golongan kasta produktif, Ratu bersayap memiliki ukuran tubuh 15 – 16 mm, umur Ratu bersayap dapat mencapai 10 tahun lebih. Semut betina pekerja tidak bersayap memiliki ukuran tubuh 5 mm, dapat hidup selama 5 – 10 tahun. Sementara itu, semut jantan bersayap, memiliki cirri berwarna hitam dan berukuran lebih kecil dari semut Ratu sekitar 8 – 10 mm hanya mampu hidup 1 – 2 tahun saja, namun semut jantan bersayap ini memiliki kebiasaan buruk yaitu sifat kanibalisme, akan tetapi sifat alami mahluk ini juga berguna sebagai agen alami pengedali hayati.
semut ratu
semut jantan
semut pekerja
Demikian sekilas tentang karakteristik semut rangrang yang dapat saya suguhkan pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat. . . . . . .


Sumber Referensi :
"Menjawab Teka-teki Berternak & Bisnis Kroto"

Pengarang  : Bayou Prayoga
Penerbit     :  Penebar Swadaya
Alamat       :  Perum Bukit Permai, Jl. Kerinci Blok A2 No. 23-24, Cibubur Jakarta Timur 13720
Telp            :  (021) 29617008/ (021) 29617009/ (021) 29617010
Fax             :  (021) 8721570
Email         :  ps@penebar-swadaya.net
Mengenal Karakteristik Rangrang Kroto Lebih Dekat 1
About
Mengenal Karakteristik Rangrang Kroto Lebih Dekat 1 - written by Unknown , published at 11.32 . And has 0 komentar
0 komentar Add a comment
Bck
Cancel Reply
Copyright ©2013 Berternak Rangrang Kroto by
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger