Pelaksanaan Panen Kroto

by Unknown , at 00.28 , has 0 komentar
Hal yang ditunggu-tunggu dalam mengerjakan sebuah pekerjaan adalah menikmati hasil dari pekerjaan. Begitu juga dengan para peternak dan petani, masa panen adalah masa yang paling di nanti, dapat menikmati hasil dari jerih payah selama merawat hewan yang diternaknya, menuai hasil panen dari pertaniannya, semua itu adalah masa-masa yang menggembirakan bagi semua peternak/petani.

Untuk pelaksanaan panen kroto pertama sebaiknya dilakukan setelah dirasa perkembangan koloni semut rangrang telah maksimal, dalam hal ini biasanya pemeliharaan telah berlangsung selama 1,5-2 bulan maka panen pertama/ perdana bisa dilakukan. Perlu dijadikan catatan, bahwa sarang yangdapat dipanen apabila media sarang dari bahan yang tidak transparan maka dapat dilihat dari serat jaring yang menutupi muka lubang media yang kelihatan telah tebal, maka sarang tersebut siap dipanen.

Adapun hal-hal yang harus dilakukan dalam pelaksanaan panen adalah sebagai berikut :

1.  Penentuan Pasar
Lakukan pemanenan apabila pasar/ pembeli kroto sudah ada, agar pada saat setelah pemanenan kroto sudah langsung diterima konsumen atau sudah ada yang membelinya. Hal ini mengingat kondisi kroto yang tidak tahan lama, apalagi apabila produksi yang akan dipanen dalam skala besar, maka faktor pasar harus sudah siap.

2.  Penentuanan Waktu Panen
Waktu pelaksanaan panen harus dilakukan ketika kondisi peternak benar-benar santai. Maksudnya adalah ketika pelaksanaan panen tidak mengalami gangguan dari hal lain, jadi proses pelaksanaan panen dapat dilakukan dalam 1 kali. Hal ini juga dimaksudkan masih dikarenakan kondisi kroto yang tidak tahan lama. Apabila pelaksanaan panen terganggu hal-hal lain maka dikhawatirkan hasil panen akan cepat basi ketika dipasarkan.

3.  Mempersiapkan Alat Panen
Sebelum melaksaakan panen, siapkan alat-alat panen sederhana yang diperlukan seperti:
  •  Bak Besar
  •  Tepung kanji
  •  Besek (wadah kroto)
  •  Nampan bambu
  •  Sarung tangan karet
Adapun kegunaan alat-alat diatas adalah sebagai berikut :
Siapkan Bak besar yang telah dilumurui tepung kanji, tuangkan isi sarang kedalam bak yang telah dengan mengorek isi sarang. Seterlah semua sarang telah dipanen, pisahkan kroto dengan semut lalu simpan dalam nampan bambu yang telah diberi alas koran, pilah kroto dengan semut yang masih terbawa, lalu semprot semprotkan air gula dengan botol spray kedalam bak, gunanya agar semut yang berbawa masuk kedalam bak tidak stres, diamkan selama 15-20 menit dan semut dapat kembali ke kandang untuk bertelur kembali dalam media yang baru. Kroto yang sudah disortir dimasukan kedalam besek bambu, dan siap dipasarkan.

a.  Cara - cara panen kroto :


b. Beberapa alat panen kroto :



Terima kasih, dan Selamat mencoba. . . . semoga sukses selalu.

Pelaksanaan Panen Kroto
About
Pelaksanaan Panen Kroto - written by Unknown , published at 00.28 . And has 0 komentar
0 komentar Add a comment
Bck
Cancel Reply
Copyright ©2013 Berternak Rangrang Kroto by
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger